#wayangorangsriwedari Instagram Photos & Videos

wayangorangsriwedari - 3.3k posts

Top Posts

Latest Instagram Posts

  • Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari
Sawitri Satiawan
Waktu kecil, sering banget nonton wayang orang bareng Papa di TV. Sempat beberapa kali terbersit keinginan nonton Wayang Orang Sriwedari, akhirnya kesampaian juga. Mengajak kakak dan adek yang ngga paham bahasa Jawa, jadilah di tengah pertunjukan beberapa kali menjelaskan jalan ceritanya. Alhamdulillah bisa nonton sampai selesai selama 2 jam pertunjukan, dari jam 20.15 - 22.15
Pertanyaan kakak, "Emang Mama ngerti mereka ngomong apa?" Hehe.. Ngga semua paham juga sih, kak..
Kalo Adek paling seneng pas Punokawan muncul dengan candaannya 😄
#wayangorang #wayangorangsriwedari #sriwedari #solo #java #javaneseculture #senijawa #pertunjukanseni #pertunjukanwayang #wayang #holidaywithkids #javanese
  • Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari
    Sawitri Satiawan
    Waktu kecil, sering banget nonton wayang orang bareng Papa di TV. Sempat beberapa kali terbersit keinginan nonton Wayang Orang Sriwedari, akhirnya kesampaian juga. Mengajak kakak dan adek yang ngga paham bahasa Jawa, jadilah di tengah pertunjukan beberapa kali menjelaskan jalan ceritanya. Alhamdulillah bisa nonton sampai selesai selama 2 jam pertunjukan, dari jam 20.15 - 22.15
    Pertanyaan kakak, "Emang Mama ngerti mereka ngomong apa?" Hehe.. Ngga semua paham juga sih, kak..
    Kalo Adek paling seneng pas Punokawan muncul dengan candaannya 😄
    #wayangorang #wayangorangsriwedari #sriwedari #solo #java #javaneseculture #senijawa #pertunjukanseni #pertunjukanwayang #wayang #holidaywithkids #javanese
  • 16 4 22 April, 2019
  • Cah Solo....
Nganti umur sak mene, enek seng durung pernah nonton???
.
.
.
.
.
Wayang Orang Sriwedari .... Wayang orang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan keberadaannya. Wayang orang berbeda dengan wayang kulit. Kalau biasanya wayang kulit dimainkan dengan menggunakan boneka-boneka yang terbuat dari bahan kulit kerbau, berbeda dengan wayang orang yang digelar dengan menampilkan manusia sebagai pengganti wayang tersebut. Para pemain wayang ini biasanya menggunakan aksesoris yang mirip dengan wayang kulit dan untuk menambah kesan menarik biasanya para wayang orang ini melukis wajah mereka agar mirip dengan parah tokoh perwayangan wayang kulit .... Wayang Orang  Sriwedari adalah salah satu karya seni yang masih lestari di Kota Surakarta, bagi para seniman dan seniwati tiap malam masih memainkan cerita Mahabarata dan Ramayana. Gedung Wayang sangat ramai penonton pada akhir pekan.
.
.
Reposted from @journey_traveling
.
.
.
.
#wayangorangsriwedari  #waosansurakarta
  • Cah Solo....
    Nganti umur sak mene, enek seng durung pernah nonton???
    .
    .
    .
    .
    .
    Wayang Orang Sriwedari .... Wayang orang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan keberadaannya. Wayang orang berbeda dengan wayang kulit. Kalau biasanya wayang kulit dimainkan dengan menggunakan boneka-boneka yang terbuat dari bahan kulit kerbau, berbeda dengan wayang orang yang digelar dengan menampilkan manusia sebagai pengganti wayang tersebut. Para pemain wayang ini biasanya menggunakan aksesoris yang mirip dengan wayang kulit dan untuk menambah kesan menarik biasanya para wayang orang ini melukis wajah mereka agar mirip dengan parah tokoh perwayangan wayang kulit .... Wayang Orang  Sriwedari adalah salah satu karya seni yang masih lestari di Kota Surakarta, bagi para seniman dan seniwati tiap malam masih memainkan cerita Mahabarata dan Ramayana. Gedung Wayang sangat ramai penonton pada akhir pekan.
    .
    .
    Reposted from @journey_traveling
    .
    .
    .
    .
    #wayangorangsriwedari #waosansurakarta
  • 63 2 9 April, 2019
  • Wayang Wong, mereka menyebutnya.

Cerita dimulai, satu persatu para tokoh masuk.

Sebagai orang asli Melayu dari kedua orangtua, budaya Jawa menjadi sangat asing, begitupun dengan bahasanya.

Pertunjukan ini jelas menggunakan bahasa Jawa. Tapi jangan khawatir, di sisi kanan dan kiri ada layar yang menuliskan terjemahannya.

Bagi gw pribadi, walau tidak mengerti dan tidak dapat memahami jalan cerita karena tidak terlalu jelas dengan layar yang jauh, duduk di ruangan itu saja untuk mendukung salah satu kesenian dan kebudayaan di Indonesia sudah cukup membuat bahagia.

Tapi tahukah kalian, sehabis pertunjukan ini, gw malah ngayap ke Gramedia untuk beli buku yang menceritakan tentang Mahabarata 🤣 
Ternyata gw cukup penasaran.
.
.

Maka, 
Langkahkan kaki.
Keluarlah dari ketiak ibu.
Nikmati kekayaan Indonesia.
Warisan kebudayaan ibu Pertiwi.
.
.

Urusan penginapan nyaman dengan harga ekonomis?
@reddoorzid jawaranya. .
.

#bukacerita 
#bukareddorz 
#smarttraveling 
#wayangorang
#wayangwong
#wayangorangsriwedari
#wayangorangbharata
#pendawakurawa
#sriwedarisolo
#eksploresolo
#visisolo
  • Wayang Wong, mereka menyebutnya.

    Cerita dimulai, satu persatu para tokoh masuk.

    Sebagai orang asli Melayu dari kedua orangtua, budaya Jawa menjadi sangat asing, begitupun dengan bahasanya.

    Pertunjukan ini jelas menggunakan bahasa Jawa. Tapi jangan khawatir, di sisi kanan dan kiri ada layar yang menuliskan terjemahannya.

    Bagi gw pribadi, walau tidak mengerti dan tidak dapat memahami jalan cerita karena tidak terlalu jelas dengan layar yang jauh, duduk di ruangan itu saja untuk mendukung salah satu kesenian dan kebudayaan di Indonesia sudah cukup membuat bahagia.

    Tapi tahukah kalian, sehabis pertunjukan ini, gw malah ngayap ke Gramedia untuk beli buku yang menceritakan tentang Mahabarata 🤣
    Ternyata gw cukup penasaran.
    .
    .

    Maka,
    Langkahkan kaki.
    Keluarlah dari ketiak ibu.
    Nikmati kekayaan Indonesia.
    Warisan kebudayaan ibu Pertiwi.
    .
    .

    Urusan penginapan nyaman dengan harga ekonomis?
    @reddoorzid jawaranya. .
    .

    #bukacerita
    #bukareddorz
    #smarttraveling
    #wayangorang
    #wayangwong
    #wayangorangsriwedari
    #wayangorangbharata
    #pendawakurawa
    #sriwedarisolo
    #eksploresolo
    #visisolo
  • 20 0 5 April, 2019
  • Gedung Wayang Sriwedari

Saat ditawarkan salah satu guide lokal yang disiapkan Bapak sewaktu di Solo untuk menonton wayang. Gw langsung mengangguk tanpa berpikir.

Jadilah pengalaman pertama nonton pertunjukan wayang di sebuah gedung kesenian di Solo. Selama ini hanya tahu wayang kulit yang pernah ditayangkan di TVRI zaman dahulu.
.
.

Memasuki gedung disambut dengan keadaan gedung yang setengah gelap layaknya di bioskop.

Sudah ditebak, jumlah pengunjung tidak memenuhi gedung, hanya beberapa baris saja. Sebagai orang kepo yang suka mengamati, orangtua, beberapa bule lah yang mendominasi, Ohya saat itu ada rombongan para suster (non muslim) yang ikut menonton. Anak muda? Hanya segelintir, itupun dengan rambut gondrong khas mahasiswa kesenian. Selebihnya mungkin beberapa turis kayak gw yang excited karena baru pertama kali.

Sesaat sebelum dimulai, lampu dipadamkan. Tak berapa lama, terdengar suara alunan musik.

Ya, pertunjukan dimulai dengan alunan gamelan, salah satu alat musik tradisional. Para pemain gamelan ini disebut pengrawit. Semua mata tertuju kepada mereka di atas panggung yang diterangi lampu.

Setelahnya, cerita pun dimulai.
.
.

@reddoorzid 
#bukacerita 
#bukareddorz 
#smarttraveling 
#wayangwong 
#wayangorang
#wayangorangsriwedari
  • Gedung Wayang Sriwedari

    Saat ditawarkan salah satu guide lokal yang disiapkan Bapak sewaktu di Solo untuk menonton wayang. Gw langsung mengangguk tanpa berpikir.

    Jadilah pengalaman pertama nonton pertunjukan wayang di sebuah gedung kesenian di Solo. Selama ini hanya tahu wayang kulit yang pernah ditayangkan di TVRI zaman dahulu.
    .
    .

    Memasuki gedung disambut dengan keadaan gedung yang setengah gelap layaknya di bioskop.

    Sudah ditebak, jumlah pengunjung tidak memenuhi gedung, hanya beberapa baris saja. Sebagai orang kepo yang suka mengamati, orangtua, beberapa bule lah yang mendominasi, Ohya saat itu ada rombongan para suster (non muslim) yang ikut menonton. Anak muda? Hanya segelintir, itupun dengan rambut gondrong khas mahasiswa kesenian. Selebihnya mungkin beberapa turis kayak gw yang excited karena baru pertama kali.

    Sesaat sebelum dimulai, lampu dipadamkan. Tak berapa lama, terdengar suara alunan musik.

    Ya, pertunjukan dimulai dengan alunan gamelan, salah satu alat musik tradisional. Para pemain gamelan ini disebut pengrawit. Semua mata tertuju kepada mereka di atas panggung yang diterangi lampu.

    Setelahnya, cerita pun dimulai.
    .
    .

    @reddoorzid
    #bukacerita
    #bukareddorz
    #smarttraveling
    #wayangwong
    #wayangorang
    #wayangorangsriwedari
  • 20 0 5 April, 2019